Senin, 10 Mei 2010

Juve: Cabut Scudetto Inter


Beritabola.com Turin - Dewan klub Juventus memutuskan untuk mengajukan permohonan kepada otoritas sepakbola Italia untuk mencabut scudetto Inter Milan musim 2005/2006. Apa dasar dari tindakan Juve itu?

Musim 2005/2006, Juventus keluar sebagai juara Seri A. Namun akibat
skandal calciopoli yang melibatakan petinggi "Zebra Turin", maka gelar tersebut dicabut dan diberikan kepada Inter.

Dalam perkembangan selanjutnya, Juve mengajukan permohonan agar gelar yang kini di tangan Nerazzuri tersebut dicabut. Hal ini diungkapkan setelah rapat dewan klub yang digelar Senin (10/5/2010) waktu setempat.

"Keputusan mengajukan permohonan banding ini diambil dengan mempertimbangkan temuan baru dari pengadilan Naples, yang mengekspos jaringan yang luas antara wasit dengan tim yang diuntungkan dengan titel tersebut," demikian pernyataan Juve seperti dikutuip dari Football-Italia.

"Temuan-temuan tersebut, berdasarkan kriteria yang digunakan oleh Procura Federale untuk memberatkan Juventus, melanggar prinsip-prinsip kejujuran dan keadlian yang dinyatakan dalam pasal 1 Code Hukum Olahraga."

"Juventus FC meyakini bahwa Komite Luar Biasa dari Federasi gagal untuk mempertimbangkan kembali kasus tahun 2006 ini. Hal ini untuk mengatakan bahwa klub yang dianugerahi gelar pada musim 2005/2006 juga dinyatakan bersalah karena memiliki hubungan yang "tidak bersih" dengan ofisial pertandingan."

Ada pun seperti diberitakan sebelumnya, FIGC secara resmi membuka kembali kasus calciopoli pada akhir April silam.



Foto: Juventus vs Inter Milan, juga bertarung di ranah hukum (Getty Images) (dtc/nar)

1 komentar: